Rabu, 21 Agustus 2013

Wajar Vs Tidak Wajar

Diposting oleh Unknown di 9:50:00 PM




Guelity Feeling. Apa sih Guility Feeling itu ? Guility Feeling itu adalah perasaan bersalah yang muncul karena kita melakukan perbuatan yang jahat, perbuatan salah atau karena sebuah kegagalan. Guility Feeling bisa juga disebut sebagai kondisi emosional yang dihasilkan dari pemahaman seseorang karena terjadi sebuah penyimpangan standar moral. Menurut para ahli rasa bersalah ini bisa juga diartikan sebagai bentuk kepedulian terhadap standar moral yang berlaku dalam kehidupannya sendiri atau lingkungan masyaralatnya. Yah bisa juga sih disebut sebagai naluri.

Guility Feeling ini muncul karena beberapa faktor, diantaranya pola asuh keluarga, lingkungan dan kepribadian yang bersangkutan. Guility Feeling ini memiliki 2 tipe lhoh.. yaitu :
  • Pseudo-guilt. Pseudo-guilt ini adalah rasa bersalah yang muncul karena penyebab emosional yang berhubungan dengan masa kecil. Moment yang pahit itu mengakibatkan seseorang  merasa bersalah pada setiap masalah atau kegagalannya kelak. Bahkan terkadang menghukum diri dengan pikiran seperti "saya layak untuk ini." Biasanya tipe orang yang seperti ini cenderung pengecut. Kenapa ? karena biasanya orang dengan tipe ini menjadi pribadi yang mudah frustasi, tidak tahan terhadap kritik dan cenderung lari dari permasalahan yang sedang dialaminya.
  • Real-guilt. Kalau real-guilt ini beda lagi, walau intinya hampir sama tapi kalau real-guilt ini adalah perasaan bersalah yang muncul ketika seseorang melakukan perbuatan yang melanggar hukum, norma sosial atau bahkan merasa berbuat dosa. Kalau dalam tipe real-guilt ini perasaan bersalah mampu diatasi dan menjadikannya berfikir positif.

WAJAR SAJA
Sebenarnya perasaan kecewa dan cemas karena melakukan suatu kesalahan adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap orang. Tapi jika perasaan bersalah tetap membebani dan menekan perasaan secara berlebihan, bahkan menganggap setiap kegagalan adalah kesalahan pribadinya, maka itu perlu penanganan khusus. Besar kemungkinan pengalaman atau peristiwa masa lalu  menjadi faktor utama penyebabnya. Sebagai contoh jika seseorang bersalah dan sudah meminta maaf dan sudah diberi maaf tapi perasaaan bersalah itu masih ada, maka hal itu sudah tidak wajar.

Bagaimana sih cara mengatasi Guility Feeling ini ?
Perasaan kecewa, tidak nyaman, cemas maupun rasa bersalah itu sendiri memang hal yang wajar, tapi jangan biarkan diri anda larut dalam hal tersebut. Di bawah ini beberapa tips untuk mengatasi agar guility feeling ini tidak terlalu membebani anda.
  • Kenali diri sendiri dengan jujur, ada tidaknya "unfinished issues" di waktu lalu.
  • Cobalah untuk menganalisa setiap kejadian atau peristiwa masa lalu dan belajarlah untuk menilai dari sudut pandang yang berbeda, terlebih sudut pandang yang positif.
  • Minta maaflah jika anda melakukan kesalahan atau berbagi cerita dengan orang lain tentang masalah anda agar rasa bersalah itu tidak terlalu membebani.
  • Hadapi setiap masalah dengan pola pikir yang konstruktif agar menimbulkan habit yang positif ke depannya agar tidak timbul rasa cemas dan gelisah akibat rasa bersalah.

Jangan lupa baca artikel yang satu ini ya Operasi Caesar ? Mengapa ?. Soalnya ni penting ni buat ibu-ibu yang mau melakukan operasi caesar.

Jangan lupa juga untuk baca artikel artikel lainnya yang lebih seru dan unik di Deva Ardiansyah.

Sumber : Majalah Dokter Kita.


0 komentar:

Posting Komentar

 

RYOMA ECHIZEN WHIRLINDS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting