Rabu, 21 Agustus 2013

Operasi Caesar ? Mengapa ?

Diposting oleh Unknown di 8:46:00 PM
Hamil dan melahirkan adalah hal yang wajar bagi setiap wanita. Kenapa ? Karena itu memang kodrat setiap manusia. Dibandingkan jaman ibu dan nenek kita dulu, jaman sekarang melahirkan lebih modern. Kalau dulu mayoritas ibu-ibu melakukan persalinan dengan normal dan biasanya di klinik-klinik, bidan atau bahkan dukun beranak. Kalau di jaman modern ini, mayoritas ibu-ibu melakukan persalinan secara beragam seperti melahirkan normal, operasi caesar, melahirkan di air, becak dan yang lainnya.

Saat ini operasi caesar menjadi tren karena berbagai alasan. Diantaranya permintaan ibu-ibu hamil karena tidak tahan sakit, permintaan suami atau demi hari baik.

OPERASI CAESAR
Operasi Caesar atau sering disebut Seksio Sesarea adalah operasi untuk mengeluarkan janin yang sudah cukup matang (28 minggu atau lebih) melalui sayatan di perut dan dinding rahim. Bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada kesehatan dan kualitas anak dan sang ibu.
Ada beberapa jenis tipe bedah caesar berdasarkan tipe insisi di rahim, yaitu :
  • Lower Segment (Sayatan di segmen bawah uterus). Dalam tipe ini tekniknya lebih sulit. Darah sedikit keluar, dinding sayatan tipis sehinggan mudah dijahit. Teknik ini mengurangi infeksi Peritonneum penyembuhan lukanya lebih baik serta kemungkinan pecah rahim pada luka parut operasi di rahim kecil.
  • Tipe Klasik (Sayatan di badan uterus atau korpus uteri). Dalam tipe ini teknik lebihmudah dan lebih aman. Hanya saja memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya pendaharan, dinding sayatan lebih tebal sehingga penjahitan lebih sulit dan kompleks, penyembuhan luka parut lebih jelek, kemungkina infeksi Peritoneum lebih besar. Dan yang lebih mengkhawatirkan yaitu kemungkinan pecahnya rahim pada bekas luka parut di rahim besar.
KAPAN CAESAR di LAKUKAN ?
Pelaksanaan Caesar biasanya elektif atau berencana. Biasanya Caesar sudah direncanakan karena mengharapkan hasil yang optimal. Pemilihan waktu haruslah disesusaikan dengan indikasi dan kematangan janin didalam kendungan. Sedangkan waktu yang lain bisa juga emergensi atau sifatnya segera.

MENGAPA CAESAR ?
Di era modern seperti sekarang ini banyak wanita yang kuatir untuk menjalani perslinan normal hanya karena sering mendengar cerita orang lain mengenai rasa sakit yang dialami pada proses persalinan normal. Maka tidak sedikit wanita memilih Operasi Caesar. Tapi pada dasarnya Caesar hanya dilakukan karena keadaan medis ibu atau bayi yang memerlukan tindakan Caesar.

INDIKASI OPERASI CAESAR
  1. Panggul sempit atau kecil dan disporposi kepala unggul.
  2. Bekas operasi caesar. Adanya bekas luka parut caesar yang tidak sembuh sempurna atau sangat tipis dan adanya gawat janin dalam perjalanan persalinan pervaginam.
  3. Bekas luka parut di badan rahim akibat operasi pengangkatan mioma.
  4. Gawat janin. Biasanya disebabkan pertumbuhan janin terhambat, kehamilan lewat waktu, penyakit metabolik ibu.
  5. Kontraksi uterus yang tidak  adekuat.
  6. Pendarahan dalam kehamilan.
  7. Dan masih banyak yang lainnya.

Jangan lupa ya membaca artikel Wajar Vs Tidak Wajar. Apa sih itu?. Pasti penasaran maka baca ya :-) 



Disamping itu juga kalian juga bisa menemukan banyak wawasan ataupun pengetahuan yang lainnya di blognya Deva Ardiansyah. Dijamin banyak hal yang bisa kamu dapat dari situ.

Sumber terkait : Majalah Dokter Kita 




0 komentar:

Posting Komentar

 

RYOMA ECHIZEN WHIRLINDS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting